CARA SKIR KLEP YANG BENAR

Cara skir klep yang benar gimana sih?

Skir klep atau englishnya valve lapping. Kadang bingung saya kalo googling cara skir klep, ternyata ada banyak cara, ada yang manual pake tangan ada juga yang pake mesin bor. Berikut penampakannya:

Berdasarkan pencekaman klep.
1. Di cekam dari batang klep dengan slang, ini yang sering saya saya lihat di bengkel motor lokal sini.

2. Di cekam dengan suction di payung klepnya
3. Di lem di payung klep nya. hehehehe, agak aneh ya...
Berdarakan penggeraknya:
1. Tangan manusia. pergerakannya ga memutar tapi bolak-balik, walopun yang pas saat penekanan selalu satu arah.
2. Pake mesin bor, pergeraknnya dah pasti satu arah dong ya, kan setau saya belum ada pergerakan mesin bor yang bolak-balik kaya pergerakan tangan di atas. Sama penekanannya ga terus menerus tapi di atur.
Terlepas dari perlu tidaknya skir klep terus terang saya belum pernah berhasil nyekir klep dengan bener. hahahaha. Dah coba pake mesin bor, tetep aja bocor, cobain pake tangan, pegel juga mamen :D:D. Mana bocor juga. Haduuhh.. Selama ini kalo bongkar mesin sendiri selalu order skir klep ke bengkel, ga cape, ya wajar lah kalo cuman bayar 15rb buat beli rokok mah.

Tapi yang aneh saya sempat baca di tabloid kalo klep hasil potongan valve seat cutter katanya ga perlu di skir lagi. Waduh apa mending beli alat valvu cutter aja gitu ya biar ga repot nyekir lagi??