TENTANG ULTRASONIC CARBURETOR CLEANING

Sering kan kita dengar membersihkan injektor dengan menggunakan ultrasonic, apa sih ultrasonic tuh? Apakah cuma buat injektor aja? Ternyata tidak, ultrasonic cleaning adalah salah satu metoda untuk membersihkan part dari kotoran membandel yang menempel secara mikro di permukaan. Baik itu material ferrous maupun non ferrous. Aplikasinya, dikhususnya untuk membersihkan kotoran yang tidak dapat di bersihkan secara manual dengan kuas, bensin maupun kompressor. Selain prosesnya lebih cepat dari proses manual, hasil yang didapat juga jauh lebih maksimal.

Prinsipnya ultrasonic wash ini menggunakan getaran frekwensi biasanya antara 20–400kHz. Dibantu dengan cairan yang membantu proses cleaning.

Macam-macam cairan yang di gunakan:
- Water
- Alcohol
- dll.
Contoh mesin ultrasonic
Gambar getarannya
Beberapa contoh before-after cleaning karburator.


Karburator, biasanya hanya di bersihkan dengan bensin+angin kompressor, ato bisa juga dengan carburetor cleaner yang hanya bisa menjangkau spot-spot tertentu saja, banyak bagian tersembunyi yang susah di jangkau sepeti saluran choke, saluran stelan angin dll. Dengan ultrasonic cleaning, tinggal celup, tunggu proses, kemudian angkat semuanya langsung bersih sampai ke pojok-pojok yang sulit sekalipun.

Sebenarnya untuk aplikasi otomotif ga hanya sebatas karburator saja yang bisa, timbunan krak di kepala silinder, saluran in-ex juga bisa di bersihkan, tentu asal bak mesin ultrasonicnya cukup ya.

Sekian ulasan singkat mengenai Ultrasonic Carburetor Cleaning semoga bermanfaat.