PASANG STEERING DAMPER

Nah sekarang mari kita aplikasikan steering damper pada sepeda motor kita. Sebagai contoh sebagai mana telah saya aplikasikan ke motor bebek kesayangan gw. Harga steering damper bervariasi, berdasarkan merk yang ada di pasaran kita akan menemukan merk2 seperti TDR, KITACO, TACO BELL, PSM, dan lainnya, range harga mulai dari 75rb sampai jutaan untuk merk dan spec tertentu. Kalo buat bebek mah mendingan juga pake yang sedang lah ya, secara motornya juga murah, kan ga lucu kalo harga motor hanya 10juta tapi dikasih steering damper yang harganya 3 juta..hahahahaha

Sok lah, ni saya kemarin dapat merknya Taco Bell, murmer menurut gw mah, Ni fotonya.
Yang perlu dipikirkan pertama adalah dudukan yang di sok depan, karena nantinya steering damper bakalan nyantel di sana.

Ada beberapa opsi :
  1.  Pake dudukan khusus yang dpat dibeli terpisah nantinya ini akan menjepit batang as sok depan, kalo di bebek kan batang asnya tertahan di dudukan yang di segitiga, makanya batang sok nya harus di naikkan kaya motor yang dibikin ceper. Terus cantolin deh dudukan yang di beli tadi di batang as yang nongol itu.Nah belum selesai coy, setelah batang sok naik, maka spakbor depan motor gw mah harus di lubangin biar bisa di pasang kaya stdnya. Dibolongin dah tuh spakbor orinya kiri kanan ya.
  2. Pake dudukan tambahan di sekitar dudukan spakbor depan, biasa lah pake aka2 Mcgyver, hahahahaha, bahannya dari pelat minimal tebal 3mm, di bentuk sedemikian rupa dan di bor ukuran 6mm dan 8mm.Dipasang dengan baut ukuran M6 untuk baut yang stdnya yang menikat spakbor depan ke segitiga. Baut stdnya harus di ganti dengan yang agak panjang dan di tambah 2 mur yang satu untuk mengikat spakbor dan satunya lagi untuk mengikat dudukan steering damper tadi.
Fotonya nih, karena gw pake cara ini.wkwkwkwkwk.....
Lanjut .......

Sekarang bikin dudukan yang di sasis, atao bisa di sebut dengan fixed mounting. Pertama pasang dulu eyebolt steering damper pada cantelan yang di sok depan, setelah itu baru deh tentuin dudukan yang buat di sasis, dengan bantuan tukang las, hal ini gampang dilakukan, sekalian minta di buatkan dudukanya dari pelat minimal 3mm dibentuk seperti pada foto di bawah ini.

Pastikan dulu pergerakan steering damper yang lancar tidak mentok pada bodi steering damper , kalo stang di putar sampe mentok, yang beradu tetep stoper di stang, bukan antara steering damper . Beri space kira2 5mm tiap sisi, geser2 dudukan ini

Sampe di dapat hasil yang lancar dan tidak mentok.

Setelah semuanya yakin, langsung deh di-Las, menggunakan las elektroda ato biasa dengan sebutan las listrik,hehehehe, kalo mau rapih lagi finishing dengan gerinda, biar hasilnya ga malu2in..
Nah sudah deh.

Gimana ??
Gw sih ngerasain pas baru di pasang masih kagok, karena pergerakan stang tidak se-bebas sebelumnya. Tapi bakal kerasa banget manfaatnya pas kecepatan tinggi, stang terasa mantap, dan ketika nikung ga da lagi tuh gejala2 godek yang biasa terjadi sebelum pake ini. Tampilannya juga racing banget.



Please try it if you interest.

Salam...

(sumber : http://bambangaruman.blogspot.com/)