TIPS MERAWAT CHROME AGAR TETAP KINCLONG

Demam chrome saat ini sedang mewabah. Hasil chrome yang bersinar pastinya akan menambah kesan keren. Tapi bila ingin kuda besinya selalu terlihat kinclong, tentunya si empunya harus rajin merawatnya.

Apa saja dan bagaimana langkahnya? Berikut tips merawat chrome yang dibeberkan M. Muhlis, punggawa klinik Chromoholic yang berada di bilangan Jln.Kiaracondong Bandung.
  1. Bilas pakai air bersih, Saat motor terkena air hujan yang mengandung zat asam tinggi, segera bilas tunggangan Bikes dengan air bersih lalu keringkan dengan lap. Jika malas untuk mengkeringkan, tak apa-apa, asal jangan biarkan air hujan menempel pada benda yang di chrome. Karena tingkat asam yang tinggi dari air hujan akan merubah warna chrome. Dan bila Bikes memang tak sempat untuk langsung mencuci motor yang terkena air hujan, batas waktunya maksimal hingga 2 hari. Jika dibiarkan dari tempo itu, warna chrome akan rusak.
  2. Hindari mencuci dengan sabun deterjen. Jika Bikes ingin mencuci motor, jangan sekali-kali menggunakan sabun deterjen merek apa pun. Efek bahan kimia yang ada pada sabun deterjen akan mengkikis chrome. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, warna chrome lambat laun akan pudar dan tidak kinclong lagi. Namun bila ingin mencucinya pakai sabun deterjen, maksimal, sebulan sekali. Benda pembersih yang mengandung bahan kimia seperti Autosol Metal Polish atau kit pun harus dihindari.
  3. Gunakan sabun cuci piring cream Untuk mencuci motor yang dichrome, gunakan sabun cuci piring dari cream. Sabun cream ini tidak mengandung zat yang punya sifat kasar yang dapat menggores chrome di permukaan motor.
  4. Bedak chrome atau Turtle Wax. Kedua benda ini bisa menjadikan chrome
    terus terlihat kinclong dan awet. Pemakaian bedak chrome cukup ditaburkan pada benda lalu dilap. Untuk Turtle Wax, tinggal menyemprotkan pada benda yang di chrome lalu di lap. Namun untukTurtle Wax masih jarang dipasaran dan relatif mahal. Untuk menggantinya, bisa menggunakan pembersih kaca biasa. Begitu juga dengan bedak chrome yang bisa diganti dengan talek bayi. Meski biaya yang dikeluarkan untuk mengchrome lumayan tinggi, namun
    perawatannya cukup mudah. Tinggal ketelatenan dan keapikan Bikes untuk  merawatnya. Kini, saatnya Bikes sendiri yang melaksanakannya.
(sumber : http://www.maticholic.com/)